30 Cara SEO WordPress untuk Menaikkan Peringkat Website di Mesin Pencari
Judul : 30 Cara SEO WordPress untuk Menaikkan Peringkat Website di Mesin Pencari
Link : 30 Cara SEO WordPress untuk Menaikkan Peringkat Website di Mesin Pencari
Pada postingan ini saya ingin membahas 30 Cara SEO WordPress untuk Menaikkan Peringkat Website di Mesin Pencari, saya berusaha membuat artikel ini dengan sebaik mungkin, apabila masih kurang baik mohon dimaklumi...hehehe. Mudah-mudahan dengan membaca artikel ini dapat memberikan tambahan informasi bagi sobat
Anda sekarang membaca artikel 30 Cara SEO WordPress untuk Menaikkan Peringkat Website di Mesin Pencari dengan alamat link https://initipsngeblog.blogspot.com/2019/03/Cara-SEO-WordPress-untuk-Menaikkan-Peringkat-Website.html
Link : 30 Cara SEO WordPress untuk Menaikkan Peringkat Website di Mesin Pencari
Pada postingan ini saya ingin membahas 30 Cara SEO WordPress untuk Menaikkan Peringkat Website di Mesin Pencari, saya berusaha membuat artikel ini dengan sebaik mungkin, apabila masih kurang baik mohon dimaklumi...hehehe. Mudah-mudahan dengan membaca artikel ini dapat memberikan tambahan informasi bagi sobat
Jika ingin menaikkan peringkat situs di mesin pencari, maka
mau tak mau Anda harus mengetahui dan menguasai segala hal tentang SEO.
Untungnya, WordPress sudah ‘mempersenjatai dirinya’ menjadi CMS yang
SEO-friendly. Hal ini pulalah yang menjadi alasan mengapa banyak orang memilih
WordPress untuk membuat dan mengonlinekan website mereka.
Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki dan
meningkatkan SEO. Berikut kami paparkan 30 tips terkait cara SEO WordPress.
1. Install Plugin SEO WordPress
WordPress menawarkan banyak fitur SEO yang built-in. Meski
demikian, Anda masih tetap bisa memaksimalkan situs dengan cara meningkatkan
SEO WordPress. Plugin SEO terbaik dan paling banyak digunakan adalah Yoast SEO,
dan plugin inilah yang Hostinger gunakan.
Tersedianya plugin ini memudahkan Anda untuk mengoptimalkan
setiap halaman dan postingan dengan keyword terpilih. Selain itu, plugin ini
juga menawarkan built-in analysis yang berdasarkan pada update terbaru
algoritam. Bahkan Anda juga bisa membuat sitemap XML dan menambahkan schema
markup ke situs.
Untuk setup Yoast, masuk ke dashboard WordPress dan pilih
Plugins > Add New. Di kolom pencarian, ketikkan Yoast SEO dan klik Install
Now pada plugin, seperti di bawah ini.
Klik Activate segera setelah muncul notifikasi. Sekarang
plugin sudah diaktifkan dan Anda bisa mengaksesnya dengan mengklik ikon SEO di
menu sebelah kiri.
2. Riset Keyword (Kata Kunci)
Dengan melakukan riset keyword, cara SEO WordPress Anda akan
berhasil. Tentu saja riset keyword akan memungkinkan Anda untuk:
- Membuat konten yang sering dicari para pengunjung situs.
- Memahami keinginan dan kebutuhan pasar dengan lebih baik.
- Melacak keberhasilan konten yang Anda tulis.
- Memahami cara meningkatkan pengunjung website dan menaikkan traffic ke situs.
Banyak tool tersedia untuk membantu Anda melakukan riset
keyword, di antaranya adalah KWFinder, SEMRush, dan Google Keyword Planner.
Meskipun berbagai postingan dapat ditulis hanya berdasarkan
riset keyword saja, ada beberapa hal mendasar yang harus Anda ketahui:
- Buat daftar target keyword yang terkait dengan topik.
- Masukkan target keyword tersebut ke tool riset keyword untuk mencari keyword yang memiliki volume pencarian tinggi dan nilai persaingan rendah.
- Riset kompetitor dengan browsing situs-situs serupa melalui tool riset keyword untuk mengecek keyword yang dimiliki oleh kompetitor. Tentunya cari keyword yang membawa traffic banyak ke situs kompetitor.
- Cari keyword milik kompetitor yang nilai saingnya rendah sehingga Anda bisa berkompetisi dengan mudah.
Terkait riset keyword, Anda bisa membaca dua artikel (dalam
bahasa Inggris) di bawah ini:
Setelah selesai membuat daftar kata kunci, saatnya membuat
dan mengoptimalkan konten.
3. Aktifkan Search Engine Visibility
Pada awal pembuatan website, opsi ini memang berguna, tapi
selanjutnya hanya akan memengaruhi ranking situs. Apabila dua tips sebelumnya
sudah Anda lakukan, tapi belum juga menunjukkan hasil, kemungkian besar Search
Engine Visibility dimatikan.
Untuk mengecek opsi visibility ini, buka Settings >
Reading di dashboard WordPress. Scroll ke bawah dan Anda akan melihat area atau
bagian yang disebut Search Engine Visibility.
Jangan beri tanda centang pada box yang terlihat di screenshot.
Klik Save Changes.
4. Atur Struktur Permalink
Ketika WordPress berhasil diinstall untuk pertama kalinya,
halaman dan postingan memiliki struktur URL yang tidak lazim. Perlu Anda
ketahui, struktur ini memberikan nilai buruk untuk performa SEO.
Struktur URL yang paling bersih dan mudah dilacak mesin
pencari adalah pengaturan ‘post name’. Dengan mengganti pengaturan awal ke
pengaturan ini, Anda bisa memasukkan judul postingan atau halaman, bahkan
keyword ke URL. Untuk mengubah pengaturan yang dimaksud, buka Settings >
Permalinks.
Di bawah Common Settings, pilih opsi Post name.
Jika Anda terlambat melakukan perubahan atau pergantian ke
mode pengaturan ‘Post name’, maka mau tidak mau Anda harus melakukan pengalihan
ke URL yang lama. Anda bisa mengatasinya dengan menginstall plugin ChangePermalink Helper. Masukkan URL lama, dan URL tersebut akan mengalihkan Anda ke
URL terbaru.
5. Tambahkan Situs ke Google Search Console
Cara SEO WordPress berikutnya adalah menggunakan Google
Search Console. Tool ini akan menunjukkan tampilan situs Anda di mesin pencari
dan juga memberi peringatan kalau-kalau terjadi error.
Untuk menambahkan situs ke Google Search Console, bukahalaman ini dan buat akun baru dengan akun Google. Klik Add A Property dan
masukkan URL website.
Klik Add, kemudian Anda akan diarahkan ke layar di mana Anda
harus memverifikasi kepemilikan situs. Ada banyak cara yang bisa digunakan
untuk memverifikasi situs, tapi cara termudahnya, yaitu memilih Alternate
methods, lalu HTML tag.
Salin kode yang ditampilkan, kemudian masuk ke dashboard
WordPress. Tambahkan kode terkait ke header dengan menggunakan plugin. Buka
Plugins > Add New, lalu cari Insert Headers and Footers.
Install dan aktifkan plugin yang ditampilkan di screenshot.
Buka plugin tersebut melalui Settings > Insert Headers and Footers.
Paste kode terkait ke box yang berlabel Header, lalu klik
Save. Terakhir, buka Google Webmaster Tool kembali dan klik Verify.
6. Mengintegrasikan Google Analytics
Tool Google lainnya yang sebaiknya Anda miliki adalah Google
Analytics. Tool ini akan menampilkan sejauh mana strategi SEO Anda berhasil
dengan menyediakan berbagai panduan dan artikel terkait cara meningkatkan SEO
WordPress dan cara meningkatkan pengunjung website.
Untuk membuat akun, buka beranda utama Google Analytics dan
daftar jadi anggota. Cari kode tracking. Biasanya, kode ini berada di bawah
Tracking Info > Tracking Code. Setelah itu, salin kode seperti yang
dimaksudkan oleh gambar di bawah ini:
Tergantung pada tema, Anda bisa langsung menambahkan kode
tracking Google Analytics. Jika tidak bisa, Anda dapat menggunakan plugin
Insert Headers and Footers seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.
Buka plugin, lalu akses area header, kemudian paste kode
tracking. Selesai! Sekarang Anda bisa melihat statistik situs.
7. Menambahkan Sitemap ke Google
Sitemap digunakan oleh mesin pencari untuk melacak website
Anda. Memang situs Anda masih bisa terlacak tanpa harus menginstall Sitemap.
Hanya saja, adanya Sitemap memudahkan mesin pencari untuk menganalisa data yang
hendak dicari di situs Anda.
Pastikan halaman-halaman tertentu yang tidak berkontribusi
pada kenaikan SEO tidak ‘dilacak’ oleh Googe dan berikan perhatian lebih pada
halaman-halaman yang berkontribusi pada performa SEO. Jika saat ini Anda sedang
menggunakan plugin Yoast SEO, maka Anda bisa dengan mudah membuat dan
menambahkan sitemap.
Buka SEO > General > Features. Scroll ke bawah dan
aktifkan XML Sitemaps.
Klik link See XML sitemap dan sitemap akan terbuka. Pastikan
jika sitemap sudah terinstall.
Selanjutnya, tambahkan sitemap ke Google. Masuk ke dashboard
Google Search Console dan klik Sitemaps.
Di sudut sebelah kanan, ada opsi Add/Test Sitemap. Klik opsi
tersebut, lalu masukkan URL sitemap, kemudian klik Submit. Google akan melihat
dan menganalisa sitemap secara teratur, tentunya hal ini mempercepat proses
indexing.
8. Mengoptimalkan Situs untuk Perangkat Mobile
Google baru saja mengumumkan bahwa mereka akan mengetes
index mobile-first. Ini berarti Google akan menggunakan performa dan
fungsionalitas halaman situs untuk menentukan peringkat, jika ditampilkan di
perangkat mobile. Oleh karena itu, jika Anda tidak menggunakan tema yang tak
responsif, maka inilah saatnya untuk mengedit tema.
Selain memilih tema responsif, Anda juga bisa mengecek
performa situs secara keseluruhan melalui spektrum mobile. Buka Google’smobile-friendliness test dan masukkan URL situs.
Dengan begini, Anda bisa mengetahui performa situs jika
diakses melalui perangkat mobile. Di samping itu, Anda juga bisa mendapatkan
berbagai tips terkait cara meningkatkan SEO WordPress versi mobile.
9. Naikkan Kecepatan Loading Website
Kecepatan loading website selalu menjadi faktor penting dan
tidak boleh disepelekan. Website yang memiliki waktu loading lama hanya akan
memberi pengaruh buruk padaa peringkat situs dan juga sedikit banyak
mengecewakan pengunjung situs. Karena itulah, kecepatan loading halaman
dianggap sebagai faktor penentu peringkat situs.
Ikuti beberapa cara meningkatkan pengunjung website dengan
menaikkan kecepatan loading situs berikut ini:
Cari Baseline Number
Pertama-tama, Anda harus tahu performa situs di mesin
pencari. Setelah itu, buka tool GTMetrix dan akses situs Anda melalui tool
tersebut. Dengan tool ini, Anda bisa melihat angka atau jumlah performa dari
situs sehingga Anda tahu mana saja yang perlu diperbaiki dan ditingkatkan.
Upgrade Paket Hosting yang Digunakan
Terkadang kesalahan konfigurasi dari sisi server dapat
menyebabkan loading lambat. Oleh karena itu, web hosting dengan kapasitas
memadai sangat penting untuk dimiliki. Untuk meningkatkan performa WordPress,
kami sarankankan penggunaan WordPress hosting yang memudahkan Anda dalam
mengelola website.
Menggunakan CDN
CDN menaikkan kecepatan loading dengan menyimpan versi situs
pada server di seluruh dunia. Jadi, ketika pengunjung membuka situs Anda, maka
situs yang ditampilkan adalah versi situs yang terdekat dengan lokasi Anda.
Integrasikan situs Anda dengan CDN gratis, seperti Cloudflare.
Gunakan Plugin Caching
Plugin caching membuat file HTML statis dan bukannya file
PHP yang biasanya dibutuhkan untuk mengelola WordPress. Plugin ini akan
meminimalisir jumlah request atau permintaan antara server dan browser user,
yang tentu saja berperan penuh dalam menurunkan kecepatan loading.
W3 Total Cache dan WP Super Cache adalah dua contoh plugin
WordPress yang paling banyak digunakan.
Mengoptimalkan Media
Jika hendak mengupload gambar ke situs, maka Anda harus
mengoptimalkan gambar tersebut.
Berikut langkah-langkah untuk mengoptimalkan gambar:
- Kecilkan ukuran file dengan membuka gambar melalui tool semacam TinyPNG.
- Atur ulang ukuran gambar sebelum diupload.
- Install plugin untuk mengoptimalkan gambar,s eperti WP Smush.
10. Memperbaiki Link Rusak
Banyaknya link rusak di situs tentu akan memengaruhi kinerja
dan performanya. Bahkan link rusak menyulitkan Google untuk melihat dan
berkunjung ke situs Anda.
Cara termudah untuk mengecek link rusak di situs Anda adalah
dengan membuka Google Search Console dan klik Crawl Errors.
Buka setiap error yang muncul. Dari situ, Anda akan tahu
mana link yang rusak sehingga Anda bisa memperbaikinya dengan mudah.
11. Tentukan Focus Keyword di Setiap Postingan
Meskipun cara SEO WordPress untuk mengoptimalkan keyword
telah berubah, tetap saja keyword memiliki peran penting. Setiap kali menulis
konten, pastikan ada focus keyword yang ditetapkan.
Berikut beberapa saran jika ingin mengoptimalkan keyword:
- Jangan memasukkan terlalu banyak keyword ke dalam postingan. Masukkan keyword secara natural atau alami.
- Jika memungkinkan, tulis keyword di paragraf pertama artikel.
- Gunakan keyword di judul dan subheading artikel.
- Tambahkan target keyword ke URL dan meta description.
Install plugin Yoast SEO untuk mengoptimalkan keyword
mengikut empat tips yang telah kami sebutkan di atas.
Setiap kali artikel ditulis, masukkan keyword yang
diinginkan ke tool yang telah disediakan oleh plugin. Melalui tool ini, Anda
akan mendapatkan analisa menyeluruh terkait cara mengoptimalkan post dengan
menggunakan keyword spesifik.
Keyword di plugin Yoast SEO
Analisa tersebut berupa tips dan cara meningkatkan SEO
WordPress dan memperbaiki peringkat situs di mesin pencari.
12. Membuat Konten yang Berkualitas
Google sangat suka jika situs Anda menawarkan konten yang
berkualitas. Untuk mengetahui konten seperti apa yang dikatakan berkualitas,
masukkan keyword apa saja di Google dan lihat 10 situs terbaik yang muncul
sebagai hasil pencarian. Dari pencarian tersebut bisa disimpulkan bahwa ada dua
kriteria untuk konten berkualitas:
Isi konten panjang dan memenuhi standar.
Konten menyediakan informasi yang dibutuhkan user atau
pengunjung situs.
Pertanyaannya, apakah Anda tahu dengan benar informasi yang
dicari dan dibutuhkan oleh user? Tentu saja, informasi ini berkaitan dengan
keyword.
Pada saat membuat konten, Anda harus melakukan riset
terlebih dulu untuk mencari tahu peringkat suatu topik serta memahami mengapa
topik ini berada di peringkat atas. Terkadang, peringkat konten ditentukan
hanya dari domain saja. Namun, apabila setiap situs memiliki otoritas yang
sama, maka kontennya akan menjadi faktor pembeda.
Untuk mendapatkan perspektif yang lebih baik tentang keyword
dan apa yang dicari oleh para user, tanyakan pertanyaan ini pada diri Anda:
Apakah user atau pengunjung situs mencari informasi atau
konten produk?
Apakah user atau pengunjung situs mencari artikel atau
tutorial dengan informasi yang lebih mendalam? atau hanya sekadar baca artikel singkat?
Mengapa halaman-halaman saat ini memiliki ranking?
Gaya konten seperti apa yang sesuai dengan keyword?
Dengan pemahaman yang lebih baik tentang cara SEO WordPress
ditingkatkan, mengetahui halaman mana saja yang perlu diperbaiki peringkatnya
di mesin pencari, dan mengethui informasi seperti apa yang dicari oleh user,
kini Anda siap membuat konten berkualitas.
13. Membuat Konten yang Lebih Panjang
Konten yang lebih panjang cenderung memiliki peringkat yang
lebih baik di mesin pencari. Studi terbaru dari Buzzsumo dan Moz mendapati
fakta bahwa konten yang lebih panjang lebih sering dibagikan di sosial media
dan juga memperoleh backlink, yang tentu saja memengaruhi peringkat.
Studi lainnya menyimpulkan bahwa sebagian besar konten yang
berada di halaman pertama Google memiliki panjang lebih dari 2000 kata. Namun,
bukan berarti Anda harus menulis artikel atau tutorial dengan jumlah serupa.
Banyaknya jumlah kata tersebut setidaknya menjadi acuan saat menulis artikel.
Pastikan Anda menulis artikel atau tutorial yang bermutu dan
berkualitas, bukannya diisi dengan kata-kata sembarang demi memenuhi target
jumlah kata.
Fokuslah pada intent keyword. Cari tahu alasan mengapa user
mencari keyword tersebut dan bukan keyword lainnya. Setelah itu, tulislah
konten terkait untuk menjawab kebutuhan user – dalam beberapa kasus, Anda akan
menulis konten dengan jumlah kata yang lebih sedikit.
14. Membuat Konten dengan Topik dan Informasi yang Relevan
Sepanjang Masa
Konten dengan topik yang relevan sepanjang masa, selanjutnya
disebut evergreen content, bisa menjadi salah satu cara SEO WordPress untuk
meningkatkan traffic. Tak peduli di tahun berapa konten ini diakses, isi dan
informasi yang tertuang di dalamnya selalu bisa dijadikan acuan.
Sebagai contoh, artikel berjudul The Ultimate Guide to
Onsite SEO dan What You Need to Know About Google’s Latest Update. Artikel
pertama memiliki informasi yang tak lekang oleh waktu dan bisa diakses kapan
pun, sedangkan artikel kedua memuat informasi yang hanya diperlukan dalam
jangka waktu tertentu. Setelah menulis evergreen content, bukan berarti Anda
lantas melupakannya dan tidak ada pembaruan sama sekali. Update artikel
tersebut dengan menyediakan informasi terkini terkait topik.
Selain layak untuk dibaca, evergreen content juga memberikan
informasi yang relevan sehingga Anda bisa membagikannya di media sosial,
mempromosikannya, bahkan mendapatkan backlink untuk konten ini. Umumnya, konten
seperti ini akan bertahan lama di halaman pertama Google.
Walaupun membuat atau menulis evergreen content membutuhkan
dedikasi yang tinggi, hasil yang Anda tuai akan terbayarkan.
15. Tambahkan Link ke Website yang Berkualitas
Memasang link di konten yang mengarah ke website berkualitas
tidak akan membuat performa SEO memburuk, malah menjadi salah satu cara
meningkatkan SEO WordPress. Ketika Anda memasang link yang mengarah ke website
dengan authoritative berkualitas tinggi, maka Google akan tahu kalau tautan
postingan tersebut memiliki konten yang serupa dengan yang ada di situs Anda.
Di samping itu, link ke website dengan konten terbaik akan memberikan nilai
plus dari sisi pengunjung karena mereka mendapatkan tambahkan informasi.
Menambahkan link keluar menjadi salah satu cara meningkatkan
SEO WordPress. Jadi, lakukanlah secara berkala. Di samping itu, memasang link
di konten Anda juga meningkatkan kredibilitas sehingga bisa dengan mudah
memperoleh kepercayaan para pengunjung situs. Kelebihan link keluar lainnya
adalah memungkinkan Anda untuk bisa berdialog dengan pemilik situs yang lain.
Agar pengunjung tidak otomatis keluar dari halaman situs,
pastikan Anda mengatur agar tautan postingan terbuka di jendela baru. Berikut
langkah-langkahnya:
Menambahkan Hyperlink
Untuk membuat hyperlink, highlight suatu kata atau kalimat
dan klik tombol hyperlink.
Menambahkan hyperlink
Klik ikon roda gigi atau gear yang akan menampilkan opsi
link.
Ubah Opsi Link
Text box akan muncul. Pilih Open link in a new tab.
Opsi Open link in a new tab
Setiap kali user mengklik link tersebut, tab baru akan
terbuka dan user tidak akan keluar dari halaman situs Anda.
16. Interlink Konten
Bila memungkinkan, tambahkan link yang mengarah ke konten
lama yang dipublish di situs Anda. Berikut kelebihan internal linking:
Memudahkan Google bot untuk menjelajahi website serta
mengakses halaman dan postingan secara mendalam dan menyeluruh.
Mengirim link juice ke postingan dan halaman lainnya di blog
yang mungkin tidak menarik tautan sendiri.
Membantu Google mengetahui dan memahami konteks dari konten
halaman situs dengan menggunakan hyperlink text terkait.
Membuat para pengunjung situs betah berlama-lama ketika
mengakses website Anda sehingga bounce rate berkurang dan waktu on site
ditingkatkan.
Di WordPress, Anda bisa dengan mudah membuat interlink ke
konten yang ada di dalam blog.
Kapan pun Anda menuliskan artikel, highlight bagian teks
tertentu dan klik tombol hyperlink. Klik ikon roda gigi (gear) dan pilih opsi
link.
Opsi Hyperlink
Pada jendela pop-up, terdapat daftar postingan sebelumnya
yang sudah Anda tulis. Pilihlah postingan yang paling relevan.
Daftar link internal
17. Mengoptimalkan Judul Postingan dan Halaman
Heading tag yang paling penting adalah title tag atau tag
judul. Tag ini menginformasikan pada Google mengenai situs Anda serta dapat
memengaruhi para pengunjung untuk mengklik atau meninggalkan situs Anda. Belum
tahu mana yang dimaksud dengan tag title? Lihat nama postingan atau halaman.
Nama inilah yang menjadi title tag Anda.
Berikut informasi singkat untuk mengoptimalkan title tag:
Menambahkan target keyword di bagian awal konten, seperti
pada judul.
Menuliskan title tag dengan jumlah kata sekitar 60-70
karakter.
Menuliskan judul yang menarik sehingga para pengunjung tak
ragu untuk mengklik situs Anda.
Menulis atau mengganti title tag menjadi judul yang
teroptimasi dengan baik dan menarik para pengunjung itu mudah. Terlebih jika
Anda menggunakan plugin Yoast SEO.
Untuk engubah title tag, buka salah satu postingan dan
scroll sampai ke bawah. Anda akan melihat area yang disebut Snippet editor.
Snippet Yoast SEO
Di area atau bagian ini, Anda bisa mengelola dan
mengoptimasi judul SEO agar memiliki peringkat yang baik di mesin pencari.
18. Mengoptimalkan Header Tag
Header tag memberi gambaran umum kepada crawler bot mengenai
konten di situs Anda. Dengan menerapkan tag ini secara menyeluruh di konten,
konten akan lebih mudah dibaca dan dapat teroptimasi dengan baik pada mesin
pencari.
Umumnya, setiap post memiliki tag H1 dan hirarkinya terdiri
atas H2, H3, H4, dan seterusnya.
Tag H1 adalah judul postingan Anda. Tambahkan target keyword
di sini. Untuk header tag lainnya, jika memungkinkan, gunakan variasi dari
target keyword. Namun, jangan menambahkan keyword terlalu banyak di heading tag
karena kedengarannya tidak natural.
Di WordPress editor, Anda bisa dengan mudah menambahkan
header tags melalui drop-down menu.
Header tags
19. Gunakan URL yang Pendek
Semakin pendek URL, maka semakin baik di mata mesin pencari.
Karena itulah, jika URL konten Anda terlalu panjang, entah bagaimana caranya,
Anda harus menyingkatnya sehhingga URL tersebut tidak memuat banyak kategori
atau direktori. Anda hanya perlu menambahkan target keyword di URL dan hapus
kata-kata lain yang tidak perlu.
Meskipun tidak memengaruhi peringkat situs, URL yang panjang
terlihat seperti link spam dan akan menjadikan CTR rendah. Ubah permalink agar
Anda bisa mengelola struktur URL.
Berikut tips untuk membuat URL yang SEO-friendly:
Jika memungkinkan, gunakan URL yang singkat dan pendek.
Hapus kata-kata yang tidak perlu.
Tambahkan target keyword di URL.
Sebaiknya judul dan URL sesuai.
URL harus bisa terbaca oleh pengunjung situs.
Jika memungkinkan, hapus berbagai kategori dan folder.
Ikuti tips di atas dan dijamin Anda bisa dengan mudah
mengedit URL melalui WordPress. Pada bagian pembuatan halaman atau postingan,
klik edit di area Permalink tepat di bawah judul.
Mengedit permalink
20. Mengoptimalkan Meta Description
Meta description berupa kalimat singkat di bawah judul yang
muncul di hasil pencarian. Kalimat ini memberikan gambaran umum tentang suatu
konten.
Mengoptimalkan Meta Description
Walaupun tidak secara langsung menjadi faktor penentu
peringkat, meta description akan menaikkan jumlah CTR di mesin pencari. Jadi,
tulislah meta description sesingkat dan sejelas mungkin untuk menarik para
pengunjung agar mengklik postingan Anda dan bukannya artikel dari situs lain.
Data yang dimunculkan di mesin pencari berdasarkan korelasi.
Namun, apabila situs Anda memiliki CTR yang tinggi, Google akan menilai bahwa
website Anda memiliki informasi yang relevan dengan yang dicari oleh user.
Dengan demikian, peringkat situs Anda otomatis akan naik.
Berikut tips dan saran untuk mengoptimalkan meta
description:
Menambahkan focus keyword di meta description. Google akan
meng-highlight keyword yang Anda masukkan sehingga bukan tidak mungkin situs
Anda muncul di halaman pertama.
Anggap saja meta description adalah ad copy. Tulislah meta
description yang bagus dan menarik untuk menggaet user agar mengklik konten
yang Anda publish.
21. Menambahkan Schema Markup
Pernah dengar tentang Schema Markup? Atau mungkin Anda sudah
menambahkannya di situs? Pada dasarnya, schema markup adalah kode tambahan yang
membantu mesin pencari untuk mengirimkan data ke pengunjung situs. Dengan
menambahkan schema markup, daftar mesin pencari akan terlihat lebih atraktif.
Pun CTR akan naik dan traffic lebih banyak ke website Anda.
Beberapa tema WordPress menawarkan schema markup built-in.
Untuk mengecek apakah di situs Anda sudah terinstall schema, aktifkan tool ini.
Sebaliiknya, jika schema belum terinstall, maka Anda bisa menggunakan plugin
Schema. Plugin ini mudah dikelola dan secara otomatis akan menambahkan schema
markup ke situs Anda.
22. Mengoptimalkan Google SERP
Saat mencari suatu keyword di Google, apakah Anda pernah
melihat ‘kotak’ yang muncul di bagian paling atas hasil pencarian? Tampilannya
seperti ini:
Grafik pengetahuan Google
‘Kotak’ ini berada di paling atas sehingga besar kemungkinan
suatu situs akan mendapatkan banyak traffic dan klik. Apabila konten Anda sudah
berada di halaman pertama Google, dengan mengoptimalkan SERP, Anda akan melihat
dua daftar di hasil pencarian.
Berikut cara meningkatkan pengunjung website dengan
mengoptimalkan SERP:
Tambahkan schema markup ke situs.
Jawab pertanyaan yang tersirat pada kata kunci di awal
postingan Anda.
Susun jawaban Anda dalam format berurutan atau tidak
berurutan.
23. Mengoptimalkan Gambar
Menambahkan gambar ke konten adalah suatu bentuk cara agar
pembaca lebih puas saat melihat atau membaca konten Anda. Di samping itu, tersedianya
gambar pada konten mampu membuat pengunjung betah berlama-lama karena merasa
mendapatkan penjelasan yang sesuai dan diinginkan. Ternyata, gambar bisa
dioptimalkan sebagai salah satu cara SEO WordPress.
Ada tiga komponen untuk optimasi gambar:
Image Title Text
Mesin pencari memang tidak menjelajahi judul gambar
(selanjutnya image title text), tapi sedikit banyak memengaruhi kepuasan para
pengunjung saat melihat atau membaca konten Anda. Saat user mengarahkan mouse
ke gambar, image title text akan muncul.
Untuk mengganti image title text, buka post editor pada
gambar. Caranya, arahkan mouse pada gambar dan klik ikon pensil untuk mengedit
judul.
Mengedit judul gambar
Di Advanced Options, ketikkan judul gambar.
Ketikkan judul gambar
Alt Text
Alt text merupakan indikator yang memberikan gambaran umum
tentang konten Anda pada Google. Pada gambar paling pertama yang diupload ke
postingan, tambahkan focus keyword di alt text-nya. Sementara itu, untuk
gambar-gambar lainnya, gunakan variasi dari target keyword, atau Anda juga bisa
menulis deskripsi singkat.
Untuk mengubah alt text, arahkan mouse ke gambar. Klik ikon
pensil untuk mengedit alt text. Cari kolom Alternative Text dan tambahkan focus
keyword atau variasinya di kolom tersebut.
Mengedit Alt Text Gambar
Nama File
Nama file memengaruhi peringkat gambar di pencarian gambar
Google dan tentu saja menarik lebih banyak pengunjung serta meningkatkan
traffic.
Sebagian besar nama file default panjang dan membingungkan,
bahkan ada yang tidak terkait dengan topik konten. Maka dari itu, sebelum
mengupload gambar, ketahui terlebih dulu alasan mengapa harus gambar ini yang
diupload dan juga target keywordnya. Tambahkan focus keyword (kata kunci yang
Anda targetkan) ke deskripsi singkat pada nama file gambar.
Apabila Anda menggunakan lebih dari satu kata di nama file
gambar, jangan lupa untuk menyertakan tanda penghubung. Google akan
mengindikasikan tanda penghubung ini sebagai spasi.
24. Link Afiliasi No-Follow
Banak website yang menggunakan link afiliasi untuk
memperoleh pendapatan. Link ini digunakan untuk melacak komisi pada saat Anda
merekomendasikan suatu produk, layanan, atau kursus.
Hanya saja, menggunakan terlalu banyak link afiliasi memberi
dampak negatif di Google. Anda bisa menyembunyikan link afiliasi ini dan
pastikan link tersebut masuk ke kategori no-follow dengan mengaktifkan plugin
Pretty Links.
Pretty Links adalah plugin yang akan mengubah semua link
yang ditanamkan menjadi link unik dan tidak terlihat seperti link afiliasi.
Kelebihan lain yang dimiliki plugin ini adalah kemampuannya untuk melacak
sehingga Anda bisa melihat berapa banyak user yang mengklik link konten Anda.
Untuk menginstall dan mengaktifkan plugin ini, buka Plugins
> Add New dan cari Pretty Links.
Menginstall Plugin Pretty Links
Setelah berhasil diinstall dan diaktifkan, buka Pretty Link
> Options yang ada di sisi kiri sidebar.
Untuk memastikan bahwa semua link afiliasi Anda berupa
no-follow, beri tanda centang pada Add nofollow to link yang ada di bawah
pengaturan Link Defaults.
Pengaturan plugin Pretty Links
Buat link baru dengan memilih opsi Add New Link, kemudian
masukkan URL afiliasi, lalu mulailah membuat link.
25. Menambahkan HTTPS ke Situs
Cara SEO WordPress agar bisa terlihat oleh Google adalah
dengan memanfaatkan HTTPS. Tambahkan HTTPS untuk menaikkan peringkat situs di
mesin pencari. Selain itu, adanya HTTPS juga menjamin bahwa koneksi ke website
Anda aman dan data yang dikirimkan di antara browser dan website dapat
terenkripsi dengan baik.
Berikut langkah-langkah yang harus Anda lakukan jika ingin
menambahkan HTTPS ke alamat situs WordPress:
Pastikan penyedia hosting Anda saat ini menawarkan layanan
HTTPS dan SSL.
Beli sertifikat SSL atau dapatkan di Let’s Encrypt.
Install sertifikat SSL melalui penyedia hosting Anda.
Cek apakah SSL berfungsi.
Alihkan semua traffic dan link HTTP ke HTTPS.
26. Memasang Backlink Berkualitas
Salah satu cara SEO WordPress agar memiliki nilai di mesin
pencari adalah dengan memanfaatkan backlink. Semakin bagus link yang dimiliki,
maka semakin besar pula kemungkinan situs Anda akan muncul di halaman pertama.
Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Matthew Barby, jika suatu halaman
memiliki backlink yang sangat baik dan berkualitas, maka peringkatnya akan
tinggi di hasil pencarian.
Berikut beberapa metode untuk membuat backlink berkualitas
di situs Anda:
Buat konten berkualitas (skyscraper).
Cari backlink yang rusak.
Buat konten yang ego-bait.
Buat guest post di situs-situs populer.
Lakukan outreach link building.
Tertarik untuk mengetahui backlink lebih dalam lagi? Silakan
baca beberapa artikel di bawah ini:
How to Get High Quality Backlinks in 2018.
How to Build Backlinks When You Have A Brand New Site and No
Money.
27. Audit SEO
Jika tidak yakin apakah situs Anda sudah teroptimasi dengan
baik, maka Anda bisa mengaudit SEO. Untuk metode ini, Anda tidak perlu mengecek
halaman satu per satu, cukup install tool auditing SEO. Tool ini akan
menganalisa situs Anda melalui serangkai pemeriksaan. Report atau laporan akan
diberikan jika Anda sudah mengoptimasi SEO dengan benar serta hal apa saja yang
perlu ditingkatkan.
Tool auditing SEO gratis yang bisa Anda gunakan saat ini
juga adalah SEOSiteCheckup. Tool ini akan menganalisa berbagai 50 faktor
penentu ranking onsite serta menginformasikan performa situs Anda. Tool lain
yang bisa digunakan adalah Varvy SEO yang akan mengecek apakah situs Anda
sejalan dengan panduan Google.
28. Memonitor Profil Backlink
Dengan memonitor profil backlink, Anda bisa mengecek apakah
ada hal-hal yang peru ditingkatkan terkait offsite SEO. Seperti yang sudah
disebutkan, backlink merupakan salah satu faktor terpenting untuk menaikkan
peringkat situs. Jadi, Anda harus mengeceknya sesering mungkin.
Melihat banyaknya backlink yang mengarah ke situs atau
konten Anda memang menyenangkan. Hanya saja, bukan jumlah backlink yang harus
difokuskan, tapi kualitas dan releven atau tidaknya link-link tersebut. Semakin
otoritatif dan relevan suatu situs yang memasang backlink ke website Anda, maka
semakin bagus pula peringkat situs Anda di mesin pencari.
Tersedia berbagai tool yang dapat membantu Anda memonitor
backlink. Salah satu tool yang paling banyak digunakan adalah Ahrefs. Tool ini
akan menginformasikan jumlah situs dengan backlink yang mengarah ke situs Anda,
kualitas backlink tersebut, jumlah referring domain, dan masih banyak lagi.
Meskipun premium, tool ini layak untuk dimiliki karena menyediakan data-data
yang dibutuhkan.
Jika Anda mencari tool yang gratis, maka SEOProfiler adalah
jawabannya. Buat akun di tool ini dan dapatkan report atau laporan backlink
yang mendetail secara keseluruhan dan juga per halaman.
29. Force Google untuk Menjelajahi Situs Anda
Biasanya situs Anda dijelajahi setelah konten terbaru
diposting. Ternyata, ada cara khusus agar Google mengindeks situs Anda tanpa
harus menunggu postingan baru.
Buka Google Search Console, lalu pilih Crawl, kemudian klik
Fetch as Google. Masukkan URL postingan yang baru saja Anda publish atau
perbarui dan klik FETCH.
Force crawl
Klik Request Indexing dan URL terbaru Anda akan terindeks
oleh Google. Kadang proses ini tidak bisa terjadi secara instan, tapi tentu
saja lebih cepat dibandingkan harus menunggu Google mengindeks situs Anda.
30. Menargetkan Long-Tail Keyword
Selain niche atau topik, naiknya peringkat situs di Google
juga bergantung pada main keyword atau kata kunci utama yang digunakan.
Sebagian besar keyword dimiliki oleh konten situs yang sudah lama bertengger di
mesin pencari Google. Belum lagi kalau situs-situs tersebut terbantu dengan
profil backlink berkualitas.
Jika demikian, Anda harus memutar otak dengan menargetkan
keyword yang tingkat kesulitan atau volumenya lebih kecil tetapi sangat
spesifik. Keyword semacam ini dikategorikan sebagai long-tail keyword. Sebagai
contoh, coba pikirkan apa yang akan dilakukan pengunjung situs atau user
sebelum membeli produk. Setelah itu, gunakan tool, misalnya KWFinder, untuk
memperoleh estimasi atau perkiraan mengenai kesulitan dan volume pencarian.
Buat daftar opsi keyword yang sekiranya menarik banyak traffic, kemudian publish
konten Anda dengan tidak lupa menerapkan cara SEO WordPress yang telah
disebutkan di atas. Dengan demikian, traffic yang diharapkan akan secara
teratur mengarah ke website Anda.
Bacaan Lain
Untuk memahami lebih dalam mengenai situs WordPress, ada
banyak hal yang harus dipelajari. Berikut beberapa artikel untuk memperkaya
wawasan Anda.
Cara Mengamankan WordPress.
Cara Mempercepat Loading Website.
WordPress Cheat Sheet.
Kesimpulan
Ada banyak hal yang perlu Anda ketahui dan pertimbangkan
jika ingin mengoptimalkan situs di mesin pencari. Semoga melalui tutorial ini,
Anda bisa menaikkan peringkat situs.
Ketahuilah, semakin besar usaha dan fokus yang Anda kerahkan
untuk SEO, maka semakin layak pula hasil yang Anda peroleh.
Sumber: Hostinger
Demikianlah informasi yang dapat saya sampaikan mengenai 30 Cara SEO WordPress untuk Menaikkan Peringkat Website di Mesin Pencari. Semoga dapat bermanfaat bagi teman teman semua saya pamit. Silahkan baca artikel menarik lainnya . Sekian dan terima kasih.
Anda sekarang membaca artikel 30 Cara SEO WordPress untuk Menaikkan Peringkat Website di Mesin Pencari dengan alamat link https://initipsngeblog.blogspot.com/2019/03/Cara-SEO-WordPress-untuk-Menaikkan-Peringkat-Website.html
0 Response to "30 Cara SEO WordPress untuk Menaikkan Peringkat Website di Mesin Pencari"
Posting Komentar