10 Tips Terbaik Agar Berhasil Menjalankan Blog

Judul : 10 Tips Terbaik Agar Berhasil Menjalankan Blog
Link : 10 Tips Terbaik Agar Berhasil Menjalankan Blog


Pada postingan ini saya ingin membahas 10 Tips Terbaik Agar Berhasil Menjalankan Blog, saya berusaha membuat artikel ini dengan sebaik mungkin, apabila masih kurang baik mohon dimaklumi...hehehe. Mudah-mudahan dengan membaca artikel ini dapat memberikan tambahan informasi bagi sobat

Baca juga




Apa pun yang Anda lakukan, membuat rencana itu perlu. Tak hanya memudahkan pekerjaan Anda dan memunculkan hasil yang lebih efisien, tapi perencanaa juga memberikan visi yang lebih jelas ke mana langkah Anda mengarah.

Sebagian besar blog memperoleh visitor baru melalui organic traffic. Mempublish postingan yang berkualitas adalah salah satu cara mengalihkan perhatian orang-orang ke blog Anda. Ingatlah prinsip ini: konten adalah raja.

Berikut beberapa tops blogging sehingga blog Anda bisa mendapatkan lebih banyak pengunjung dan traffic kian naik:

1. Memahami dasar SEO

Meskipun opstimasi mesin pencari sedikit rumit, Anda tidak boleh menyerah dalam mempelajari dan memahami SEO karena kemampuan dan pengetahuan inilah yang Anda butuhkan dalam membangun sebuah blog.

SEO yang baik dan benar akan membuat blog Anda lebih unggul dari para kompetitor, meski Anda juga tidak bisa mengesampingkan konten yang harus relevan dan memiliki informasi akurat.

Berikut beberapa artikel yang layak Anda baca agar bisa memahami SEO dengan baik:



2. Lakukan riset keyword atau kata kunci.

Idealnya, postingan blog harus menargetkan beebrapa kata kunci dan frasa yang sering diketikkan orang di mesin pencari.

Menerbitkan konten tanpa melakukan riset keyword terlebih dahulu sama seperti menembak dalam kegelapan. Mungkin tembakan Anda mengenai sesuatu, tapi Anda tidak yakin.

Pemahaman tentang keyword serta volume pencarian (search volume) dan mengetahui konten yang saat ini berada di peringkat teratas mesin pencarian memberikan Anda gambaran umum apa yang diinginkan oleh visitor atau pembaca. Setelah Anda mengetahui hal-hal dasar semacam ini, maka membuat blog menjadi lebih mudah.

Sebagai contoh, kami tunjukkan kenaikan traffic blog tutorial dalam grafik dan angka.



Berdasarkan gambar di atas, Anda kini sudah tahu betapa pentingnya melakukan riset keyword, terlebih jika ingin membuat blog.

Di bawah ini merupakan beberapa artikel dan tool yang bisa membantu Anda dalam meriset keyword:



3. Lakukan riset terhadap kompetitor atau saingan Anda.

Terkadang blog-blog baru kesulitan dalam menentukan arah yang tepat. Jika begini, mau tak mau harus ada contoh blog terbaik yang dijadikan acuan atau panutan.

Melakukan riset terhadap beberapa blog dengan performa terbaik yang juga memiliki niche yang sama dengan blog Anda adalah salah satu cara terbaik untuk mendapatkan ide atau gambaran umum.

Pertama-tama, buatlah daftar 5-10 blog atau website terbaik dengan niche yang sama seperti yang dimiliki oleh blog Anda. Setelah itu, gunakan tool, misalnya SimilarWeb, untuk membuat laporan.

Sayangnya, laporan statistik web terbatas pada versi gratis SimilarWeb. Meskipun demikian, Anda masih bisa melihat metric dari 5 kata kunci yang organic dan berbayar. Kini Anda sudah mendapatkan gambaran yang lebih jelas mengenai konten yang tepat untuk blog Anda.

4. Membuat rencana konten atau content plan.

Buat spreadsheet sederhana dan lakukan brainstorm tentang artikel-artikel yang sekiranya berpotensi. Mulailah dengan membuat topik yang lebih luas, kemudian persempit ke topik yang lebih spesifik. Jika Anda berpengalaman dalam suatu bidang, maka tulislah konten terkait terlebih dulu.

Setelah mempublish konten pertama, blog Anda tidak serta-merta memperoleh banyak pengunjung dan traffic yang tinggi. Jangan menyerah dan disiplinkanlah diri Anda dengan membuat deadline untuk artike dan selalu memonitor perkembangan blog secara keseluruhan.

Usahakan untuk membuat konten yang seimbang antara kualitas dan kuantitas. Teruslah berpegang pada rencana yang sudah dibuat dan luangkan sedikit waktu untuk melihat hasil yang telah diraih.

5. Membuat dan mengaktifkan platform media sosial

Menyatakan keberadaan Anda di dunia online itu penting, terlebih jika Anda membuat blog. Untungnya, saat ini sudah ada platform media sosial yang menjadikan segalanya mungkin.

Kegunaan media sosial yang pertama adalah meningkatkan awarenes user. Anda bisa membuat notifikasi kepada para followers bilamana menerbitkan artikel baru, membuat rencana, dan menginformasikan pembaharuan atau update.

Mengaktifkan media sosial juga merupakan cara terbaik untuk meningkatkan interaksi antara Anda dan user. Kesalahan terbesar baik dari blogger maupun pemilik bisnis adalah seringnya mereka melupakan keberadaan dan apa yang diinginkan oleh para klien, atau visitor, atau pembaca.

Dengan diaktifkannya profil di Facebook dan Twitter, Anda bisa mendapatkan banyak feedback dari pembaca secara langsung. Seiring dengan berkembangnya web Anda, mungkin saja suatu saat Anda ingin memfokuskan situs ke bisnis online atau website jenis lain. Tentu saja Anda memanfaatkan mdia sosial untuk mengumumkannya.

Platform media sosial selalu bisa ‘menjaring’ pembaca baru, tentu saja hal ini tergantung pada konten yang dibuat di blog Anda. Jika bagus, postingan Anda akan di-share, terus-menerus, di media sosial oleh para follower setia. User yang tadinya tidak mengikuti Anda, karena penasaran, dia akan mengklik dan mulai mejadi pembaca atau audience setia blog Anda.

6. Membuat guest post.

Salah satu kesulitan yang akan ditemui setelah membuat blog adalah membuat orang-orang mengetahuinya. Langkah Anda mungkin akan sedikit terhenti karena banyak saingan atau kompetitor yang sudah lebih dulu memiliki nama. Alhasil, postingan Anda membutuhkan waktu untuk muncul di halaman nomor satu mesin pencarian.

Namun jangan khawatir, selalu ada cara untuk membuat orang-orang membaca postingan Anda. Membuat guest post adalah salah satunya.

Guest post adalah salah satu bentuk postingan yang dilakukan secara teratur oleh sebagian besar blogger, penulis, dan pemilik bisnis.

Ide dasarnya adalah mempublish sebuah konten yang di dalamnya tertanam link atau tautan yang mengarah ke blog Anda. Tentunya konten ini diterbitkan di website lain. Dua manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan melakukan guest post adalah:


  • Peringkat SEO blog Anda akan naik karena adanya link ke website Anda yang tertanam di situs lain.
  • Meningkatnya organic traffic untuk situs Anda.

Jika tertarik untuk mencoba, silakan baca artikel tentang guest post yang ditulis oleh tim Ahrefs.

7. Mengaktifkan Google Analytics.



Memonitor traffic situs Anda merupakan salah satu langkah paling penting agar berhasil membuat dan mengonlinekan blog.

Mengetahui dan mengenal audience Anda serta apa yang mereka inginkan mampu membuat situs Anda selangkah lebih maju.

Dan tool terbaik untuk menangaini ini semua adalah Google Analytics. Tool ini melacak visitor, kebiasaan mereka, berbagai metric sosial, dan masih banyak lagi.

Untungnya, software ini gratis sehingga para webmaster bisa dengan mudah melacak dan mencari tahu apa yang diinginkan oleh pembaca atau visitor blog mereka.

Jika Anda membuat blog di WordPress dan ingin mengaktifkan Google Analytics, maka bacalah artikel dari kami terlebih dulu.

8. Submit konten baru ke Google

Setiap harinya, ribuan website baru dibuat dan dionlinekan. Dan pastinya jumlah postingan dan artikel baru bisa mencapai jutaan.

Dengan fakta yang seperti itu, Google dan mesin pencari lainnya membutukan waktu lebih lama untuk mengindeks konten baru yang Anda terbitkan. Kabar baiknya, ada ‘jalan pintas’ yang bisa dimanfaatkan agar artikel Anda bisa lebih cepat terindeks oleh mesin pencari.

Dengan menambahkan situs ke Google Search Console, Anda berkesempatan untuk:

  • Memonitor performa blog.
  • Mendapatkan peringatan jika ada error.
  • Menggunakan berbagai testing tool.
  • Memperkaya pengetahuan dengan artikel serta tutorial yang lengkap.
  • Dan hal terpentingnya, Anda bisa submit blog post baru dan ‘memaksa’ Google untuk mengindeksnya.


9. Membuat backlinks.

Jika ingin postingan Anda berada di hasil pencarian teratas Google, maka membuat backlink adalah cara terjitu yang sayang untuk dilewatkan.

Bahkan, backlink merupakan salah satu faktor penentuperingkat yang dipertimbangkan Google saat mengevaluasi suatu website.

Memang benar bahwa blog baru harus lebih fokus pada konten dan pengelolaan berbagai halaman yang sudah ada. Namun, Anda tidak bisa menampilk bahwa akan ada suatu saat di mana Anda mampu menghasilkan konten berkualitas.

Terkadang, konten berkualitas tinggi sekalipun tidak melihat keuntungan adanya Google SERP, terlebih jika Anda tidak terlalu peduli untuk membangun profil backlink.

Kami persembahkan dua artikel tentang betapa pentingnya backlink yang harus Anda baca dan ketahui:



10. Kesabaran adalah kunci.

Ada satu hal yang harus Anda ingat baik-baik: membuat blog berarti Anda melakukan investasi jangka panjang. Apa pun postingan baru yang Anda onlinekan, tentu saja membutuhkan usaha dan waktu agar bisa muncul di hasil pencarian teratas mesin pencari.

Hal yang paling pertama dan terutama, Google membutuhkan waktu sebelum akhirnya melihat dan menyadari keberadaan blog Anda. Banyak ahli SEO yang mengklaim bahwa ada suatu masa yang harus dilewati sebelum akhirnya konten Anda muncul (sering disebut juga Google Sandbox).


Sumber: Hostinger



Demikianlah informasi yang dapat saya sampaikan mengenai 10 Tips Terbaik Agar Berhasil Menjalankan Blog. Semoga dapat bermanfaat bagi teman teman semua saya pamit. Silahkan baca artikel menarik lainnya . Sekian dan terima kasih.

Anda sekarang membaca artikel 10 Tips Terbaik Agar Berhasil Menjalankan Blog dengan alamat link https://initipsngeblog.blogspot.com/2019/03/10-tips-terbaik-agar-berhasil.html

0 Response to "10 Tips Terbaik Agar Berhasil Menjalankan Blog"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel