Tips Membangun Website Untuk Pemula

Judul : Tips Membangun Website Untuk Pemula
Link : Tips Membangun Website Untuk Pemula


Pada postingan ini saya ingin membahas Tips Membangun Website Untuk Pemula, saya berusaha membuat artikel ini dengan sebaik mungkin, apabila masih kurang baik mohon dimaklumi...hehehe. Mudah-mudahan dengan membaca artikel ini dapat memberikan tambahan informasi bagi sobat

Baca juga


Tips Membangun Website Untuk PemulaSitus web terbaik adalah situs yang menarik dan mampu membius para netter untuk mengunjungi serta berlama-lama menjelajahinya, dapat menyampaikan pesan secara ringkas, tak membuat pengakses terlalu lama menunggu loding halaman web. Nah untuk tujuan itulah Anda perlu menerapkan beberapa langkah berikut agar situs Anda menjadi satu diantara banyak situs yang menarik.

Miliki Tujuan yang Jelas

Apakah tujuan Anda membuat situs web di Internet, apakah Anda hanya ingin sekedar tampil di web ? Jika jawabnya "ya", Anda tak lebih dari kebanyakan pemilik situs yang ada, dan Anda tak perlu kaget jika situs Anda berakhir sama dengan situs lain. Buatlah tujuan Anda se-spesifik mungkin dalam membangun website.

Tips Membangun Website Untuk Pemula

Mungkin Anda ingin situs Anda menampilkan produk perusahaan Anda. Ide bagus memang, namun perhatikan cara Anda dalam mewujudkan keinginan tersebut. Bagaimana Anda ingin produk Anda diposisikan pada pasar Web ? Dengan menjawab pertanyaan yang lebih mendalam ini, jawaban tujuan Anda secara jelas akan terdefinisi.

Tanpa tujuan yang terdefinisi secara baik, situs Anda akan menemui ajalnya dalam perjalanan di rimba internet yang penuh kompetisi dan persaingan ketat untuk mewujudkan keinginan Anda menjadikan situs yang Anda hasilkan menjadi salah satu situs menarik yang patut dikunjungi.

Ingat, siapa Audience Anda

Siapa audience primer (dan sekunder) untuk situs Anda ? berapa usia mereka ? Bagaimana faya hidup mereka : Berapa lama mereka meluangkan waktu untuk mengunjungi situs Anda ? Untuk setiap keputusan mengenai potongan informasi, gambar, dan materi isi yang Anda tampilkan, tanyakan pada diri Anda, "Bagaimana reaksi audience terhadap hal ini ? ".

Gunakan Item yang Bisa di Download secara Cepat

Salah satu alasan utama yang sering membuat pengunjung suatu situs pergi meninggalkannya dengan cepat (bahkan tak mengunjunginya sama sekali) adalah lamanya waktu yang dibutuhkan untuk memunculkan informasi yang mereka cari dari situs tersebut.

Gambar dengan ukuran file yang besar membuat pengunjung tak sabar, karena file yang besar menyebabkan proses loading halaman web tersebut menjadi lama, selanjutnya � tebak apa yang akan mereka lakukan, kemungkinan besar adalah menekan tombol stop.

Gunakan gambar dengan ukuran file yang kecil. Jika Anda terpaksa menggunakan gambar dengan ukuran file yang besar, salah satu pilihannya adalah dengan menyertakan gambar beresolusi rendah dan berukuran lebih kecil (thumbnail) yang Anda link ke file gambar sesungguhnya yang berukuran besar.

Buatlah situs Anda secara virtual menarik

Situs membosankan seringkali Anda temui saat surfing di Internet, apa yang membuatnya tak menarik ? Mungkin kurangnya warna, kurangnya variasi pada text serta ukuran heading, atau malah halaman tersebut terlalu ramai dan kacau dengan warna yang tak sesuai komposisi, atau mungkin juga terlalu banyak menggunakana font dalam berbagai ukuran.
Saat Anda membangun situs, ingatlah bahwa halaman web yang Anda tata secara baik akan membawa Anda satu langkah lebih dekat ke situs yang dibuat secara baik.

Jangan Coba-coba Menempatkan Segala Sesuatunya dalam Satu Halaman

Sebaiknya Anda melakukan manajemen yang rapi terhadap isi dari situs Anda. Jangan menjejali satu halaman dengan beragam informasi yang berlebihan. Kita tahu bahwa penulis cenderung menulis dan perancang grafis cenderung membuat gambar bagus.

Sebagai perancang web, semuanya terserah pada Anda dalam menghasilkan harmoni yang cantik antara kedua kelompok orang yang sangat berbeda ini. Berikanlah keseimbangan antara text dan seni, pikirkan mengenai siapa yang bakal mengunjungi situs web Anda. Pikirkan mengenai betapa susahnya membaca banyak text pada sebuah layar komputer, serta tulislah isi untuk halaman web Anda secara tepat.

Pikirkan mnegenai gambar dari sisi nilai apa yang disumbangkannya terhadap halaman. Apakah berguna, atau hanya karena terlihat bagus ? Namun ingat bahwa gambar yang tampak bagus seringkali bermanfaat dengan sendirinya.
Apa yang ingin kita capai sebagai pembangun situs web adalah halaman yang terlihat bagus, berisi informasi yang berguna, dan memungkinkan pengunjung secara mudah mengeksplorasi situs.

Tatalah Isi dengan Cara yang Cerdas

"Isi adalah raja" adalah ungkapan yang tepat. Berapa kali Anda mengunjungi sebuah situs dan berfikir, "tak ada apa-apa disini ?" mungkin beberapa isi yang bagus terkubur dalam situs, dan hanya pengunjung yang sering mengunjunginya yang benar-benar menggalinya.

Jika Anda memiliki informasi yang menurut Anda harus dilihat oleh pengunjung web Anda, jangan menguburnya dalam halaman tersembunyi, buatlah informasi penting sejelas dan semudah mungkin untuk dicari. Jangan lupa bahwa situs Anda bakal memiliki kedalam lebih satu tingkat. Tatalah material sekunder kedalam kelompok informasi yang berhubungan.

Sertakan Tombol yang Sesuai untuk Mengekplorasi Situs

Sebagian pengunjung situs menggunakan tombol terhubung untuk mewakili beragam daerah dalam sebuah situs. Tombol-tombol ini biasanya tersedia pada seluruh halaman dalam sebuah situs, dan biasanya dikelompokkan bersama pada tempat yang sama pada sebuah halaman web.

Menjaganya agar tetap bersama dan ditempatkan yang sama meningkatkan kemudahan eksplorasi dan kegunaan. Pengunjung bisa langsung meng-click pada tombol navigasi untuk berpindah kebagian lain dari situs.

Berikut beberapa hal yang harus diingat saat membuat tombol navigasi :
  1. sertakan tombol yang membawa pengunjung kembali ke homepage. Jika pengunjung Anda terbenam lima tingkat dalam sebuah situs, Anda harus menyediakan sebuah tombol yang sekali click kembali ke halaman pertama sehingga pengunjung bisa mengulang bila perlu. Karena jika mereka harus menggunakan tombol back pada browser, ada kemungkinan mereka akan frustasi dan meninggalkan situs Anda.
  2. Bersiaplah untuk orang yang berkunjung ke situs Anda dengan menonaktifkan image pada browser mereka. Membuat versi text dengan tombol gambar yang terhubung merupakan ide bagus. Dengan cara ini pengunjung bisa memilih untuk menggunakan browser versi manapun untuk mengeksplorasi situs Anda. Anda akan sering melihat sebuah versi text right disebelah tombol gambar.
  3. Apakah Anda memerlukan tombol forward dan back ? Jika situs Anda berisikan banyak teks dan Anda ingin pengunjung melompat dari sebuah halaman ke halama lain dalam sebuah cerita. Anda mungkin perlu menyertakan tombol forward dan back. Namun pastikan untuk membuat tombol mudah dimengerti dan mudah digunakan.
Petakan Arus Informasi pada Kertas sebelum Membangun Situs.

Cara ini sangat membantu jika Anda memiliki kesulitan dalam menvisualisikan informasi. Mulailah dengan homepage dan lanjutkan dengan halaman-halaman berikutnya. Tampilan visual ini bisa membantu Anda melihat isi yang ingin Anda hadirkan, menatanya lebih jelas serta menghindari penataan ulang besar-besaran saat membangun situs tersebut.

Ujilah Situs Anda secara Keseluruhan

Pengunjung situs Anda yang beragam kemungkinan besar menggunakan browser yang berbeda pula, hal ini harus Anda antisipasi sejak dini. Karena kemungkinan besar tampilan situs pada browser ini akan berbeda pula antara satu browser dengan browser lainnya.



Ujilah situs Anda menggunakan sebanyak mungkin browser yang ada saat ini, dan pada platform yang berbeda serta kecepatan modem yang berbeda pula.

sumber: geocities.com


Demikianlah informasi yang dapat saya sampaikan mengenai Tips Membangun Website Untuk Pemula. Semoga dapat bermanfaat bagi teman teman semua saya pamit. Silahkan baca artikel menarik lainnya . Sekian dan terima kasih.

Anda sekarang membaca artikel Tips Membangun Website Untuk Pemula dengan alamat link https://initipsngeblog.blogspot.com/2018/12/tips-membangun-website-untuk-pemula.html

0 Response to "Tips Membangun Website Untuk Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel